Aqiqah Langit

Alhamdulillahirabbil Alamin…

Tanggal 26 Juli lalu tunai sudah “hutang” kami sebagai orangtua untuk meng-aqiqah-kan putra pertama kami, Sabda Langit Anandra. Memang lambat dibanding waktu yang dianjurkan yaitu 7 hari setelah kelahirannya, tapi semua itu karena waktu yang belum tepat, jadwal cuti kerja Ayahnya yang singkat menjadikan aqiqah ini molor terus dari yang diinginkan. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan *pembenaran*

Sebenarnya proses mengurus aqiqah ini sudah aku lakukan jauh sebelum mas Langit berusia 1 tahun. Vendor catering aqiqah pun sudah di tangan. Tapi karena satu dan lain hal, aku pun gagal kerjasama dengan vendor itu. Pencarian vendor baru pun dimulai. Kebetulan aku gabung di forum kuliner Batam. Disitu selain berseliweran berbagai macam resto atau tempat makan yang menawarkan aneka macam makanan, ada juga yang menawarkan jasa catering rumahan sampai aqiqah. Aku baca dengan teliti kandidat catering aqiqah satu persatu. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk bekerjasama dengan salah satunya

Singkat cerita, aku dan suami langsung menuju dapur cateringnya untuk diskusi menu dan harga. Harga per ekor kambing aqiqah saat ini IDR 3.500.000 sudah termasuk pengolahannya, apakah mau dijadikan gulai, sate atau keduanya. Tambahan menu dalam nasi kotak dikenakan biaya tambahan per kotak. Awalnya kami ditawarkan IDR 10.000 per kotak karena kami ingin menambahkan menu lain untuk yang tidak bisa makan kambing yaitu telur balado. Jadi menu awal aqiqah mas Langit yaitu nasi kotak dengan lauk gulai kambing, telur balado, acar, sambal dan kerupuk. Tapi selang beberapa hari kemudian kami berubah pikiran, telur balado terlalu sederhana. Akhirnya kami berdiskusi lagi dan hasil akhir menu aqiqah mas Langit (harga per kotak di atas IDR 10.000) adalah nasi kotak dengan lauk gulai kambing, sate kambing, ayam goreng, acar, sambal dan kerupuk. Lebih menarik kaann?! Selain nasi kotak kami juga menyiapkan jajanan pasar untuk cemilan para tamu. Total tamu yang kami undang termasuk anak-anak panti asuhan tempat kami membuat acara berjumlah 150 orang

image

Sehari sebelum hari H, 2 ekor kambing disembelih dan diserahkan langsung ke vendor cateringnya. Pokoknya kami terima bersih aja deh. Hari H sekitar jam 2 siang, kami menuju panti asuhan. Membantu persiapan acara, gelar karpet, beli air mineral gelas dan serah terima jajanan pasar serta nasi kotaknya

Acara dimulai jam 4 sore setelah kami menunaikan shalat Asar berjamaah. Tabuhan rebana dan nyanyian shalawat memulai acara aqiqah mas Langit. Syahduuuu banget sampe merinding. Dan rupanya aku pikir mas nggak bakal dicukur segala karena udah gede juga kan, ternyata dicukur juga sama semua tamu yang ada disitu. Alhamdulillah sepanjang acara cukur jambul, mas Langit tidur pules hehehe

image

Untuk review vendor jajanan pasar :
Sejak awal aku udah nanya kira-kira bakal dapet berapa buah kue sejumlah budget yang aku kasih ke vendor itu, tapi nggak pernah dikasih detilnya. Dan bener aja kan, kue yang dateng di bawah apa yang aku bayangkan. Agak kurang sih dibanding jumlah tamu, tapi Alhamdulillah nggak mubazir (berlebih dan terbuang)

Untuk review catering aqiqahnya :
Agak sedikit kecewa di hari H…

1. Kaget karena liat di salah satu grup fb (yang kebetulan aku salah satu membernya juga) ada yang posting foto makan sate dan gulai kambing, yang ditulis captionnya (kurang lebih..) nyerbuuu dapur XX makan sate dan gule pesenan acara aqiqah, enakkkk banget… Apakah itu sopan?? Makan tanpa ijin yang punya acara dan disebarluaskan tanpa dosa… Disitu aku liat dia makan bisa lebih dari 3 tusuk, sementara di nasi kotak aku cuma disajiin 3 tusuk sate aja. Disini aku kurang sukanya, sedih banget secara harga kambing nggak murah loh

2. Owner anter nasi kotak doang tanpa ikut masuk ke ruang acara sekedar cek lauknya apakah sudah sesuai atau belum, apakah jumlahnya cukup. Sedih lagi yang kedua kali..

3. Dan bener ternyata nasi kotaknya kurang 1!! Jadi total aku terima hanya 149 kotak saja. Kalang kabut membayangkan gimana kalo kurang sampe-sampe sepanjang acara kami semua (keluarga) gelisah, secara tamu-tamu yang datang makin banyak. Tapi Allah sangat sayang kepada kami, nasi kotak cukup. Alhamdulillah.. Owner memang meminta maaf tapi setelah aku telepon selesai acara, nggak inisiatif nelpon langsung ke aku. Sedih banget deh, secara aku bener-bener udah percayakan catering ke dia, bahkan aku dan suami berniat kalo ada acara lain butuh catering, kami mau pake jasa dia lagi bahkan kalo perlu kami rekomendasikan ke temen-temen. Tapi karena ada kejadian ini, aku dan suami jadi mikir 1000x

Tapi dibalik kekecewaan dengan vendor catering aqiqah itu, Alhamdulillah makanan di nasi kotaknya semua enak-enak. Hal itu pun diamini oleh tetangga dan keluarga yang ikut dapet nasi kotaknya. Rasa sedih dan kecewa pun hilang. Semoga ownernya bisa lebih meningkatkan lagi kualitas cateringnya. Dan kalo pun owner catering tersebut membaca postingan ini, aku cuma mau bilang terimakasih sudah membantu acara aqiqah anak kami, terimakasih sudah mau direpotin sama menu-menu kami yang bolak balik dirubah, terimakasih sudah mau menyadari kesalahan dan meminta maaf, buat kami itu lebih dari cukup, toh acara sudah selesai juga dan tidak ada masalah yang berarti

Dan untuk anak kami, Sabda Langit Anandra, jadilah terang di kegelapan, jadilah menyenangkan untuk orang di sekitarmu dan jadilah khalifah Allah yang baik di muka bumi ini. Doa Ayah Bunda dan keluarga mengiringi langkahmu menapaki hidup ke depan….

2 thoughts on “Aqiqah Langit

Leave a comment