Pengurusan Paspor (Jilid 1)

Berhubung ceritanya panjang dan belum tuntas ngurus paspornya, makanya aku langsung bagi aja jadi beberapa postingan terpisah…

Pasporku dan suami sama-sama bakal habis masa berlaku bulan Desember tahun ini. Dan karena suami sering keluar negeri mau nggak mau wajib perpanjang paspor bulan ini karena minim paspor masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan sebelum expired. Yasudlah aku pun ikutan ngurus perpanjangan juga, ogah kalo harus pergi sendiri ke Imigrasi haha. Si kecil juga sekalian kami buatkan paspor, biar kalo mau jalan-jalan ke LN gampang

Iseng deh kemarin aku ke kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam yang lokasinya ada di Batam Centre, pengen tau pengurusan paspor saat ini tuh gimana. Nyampe sana (dengan gendong anak..), suasana dari luar nggak terlihat rame seperti biasanya. Rupanya kantor sudah berubah, sudah ada pintunya hahaha. Dulu 2x ngurus paspor nggak ada pintu (entah aku yang nggak ngeh atau gimana..), jadi ya jelas kerasa panas banget karena AC nggak kerasa dinginnya. Begitu masuk, nyeessss adem banget hahaha lebay ya. Yang ngurus paspor (seperti biasa) rame minta ampun. Tapi entah kenapa terlihat rapi. Yang ngantri ya ngantri dengan rapi, yang lagi nggak ngantri ya duduk semua, ada juga yang lagi pada ngisi formulir di meja panjang yang disediakan, pokoknya rapi lah nggak berjubel kayak dulu aku sering lihat. Dulu ngelihat orang lalu lalang aja udah males bawaannya mau ngurus paspor saking melimpah ruahnya orang-orang dalam satu ruangan

Aku pun celingukan bingung mau ngapain dulu. Malu juga mondar mandir sementara orang pada rapi duduk. Jadi nyari petugas yang standby dan aku nanya beli formulir dimana. Disini aku tulis petugas dengan urutan ABC dan seterusnya, berikut kesan dari aku selaku si pengurus paspor…..

Aku : Siang Pak, kalo mau beli formulir dan map dimana ya?

Petugas A : Oh sekarang udah gratis bu. Coba ibu ke loket pengambilan formulir di sana (sambil nunjuk loket yang dimaksud)

Aku : Makasih ya Pak…

[Kesan : Petugas A sedikit ramah dan informatif]

Di loket pengambilan formulir..

Aku : Siang Bu, mau ambil formulir disini ya?

Petugas B : Udah ambil nomer?

Aku : Nomer antri ya bu?

Petugas B : Nomer dari sini nih (nunjuk loket temen sebelahnya)

Aku : Oh jadi ambil nomer dulu ya Bu, oke Bu saya ke loket sebelah dulu..

[Kesan : Petugas B males-malesan jawab, aku berusaha ngerti lah. Wajar aja mungkin sekian tahun kerja disitu, orang dateng nanya hal yang sama berulang-ulang haha]

Di loket nomer inden..

Aku : Siang Bu, mau daftar nomer

Petugas C : Siapa yang mau urus paspor?

Aku : Saya dan suami perpanjangan, anak saya bikin baru

Petugas C : Mana KTP dan KK-nya?

Aku : Adanya KTP saya aja Bu, punya suami dibawa keluar kota (sebenernya keluar negeri hihihi)

Petugas C : KTP Ibu aja sama KK

Aku : (nyerahin KTP aku dan KK asli)

Petugas C : (ngetik-ngetik apalah apalah di komputer) Ini nanti datang tanggal 24 yaa sesuai jam, bawa kertas ini dan ngantri disana (nunjuk loket Customer Service). Tulis namanya disitu

Aku : Eh? Nulis dimana Bu? (asli, bingung!)

Petugas C : Itu tulis di buku itu (sambil nyodorin buku semacam absensi gitu)

Aku : Oh oke Bu (nulis nama suami, aku dan anak)

[Kesan : Petugas C kurang ramah, tapi lagi-lagi aku ngerti, siapa sih yang nggak capek kerja itu-itu mulu sekian tahun hehehe]

image

Di atas adalah contoh nomer inden yang kita terima sebagai langkah awal mengurus paspor [Batam, Juni 2015]

Setelah nerima kertas dari ibu-ibu di loket nomer inden, aku balik lagi ke loket pengambilan formulir

Aku : Bu, ini nomernya

Petugas B : Udah ngantri disana? (nunjuk antrian di Customer Service)

Aku : Oh belum Bu. Harus ngantri lagi ya?

Petugas B : Iya, antri dulu disana, cek berkas-berkas baru bisa ambil formulir disini

Aku : Jadi tanggal 24 saya datang langsung ke CS ya Bu, trus baru ambil map lagi kesini?

Petugas B : Iya gitu

Maapkeun ketidaktahuan saya yaa hihihi… Maklum prosedur baru nih

Dulu alurnya begini :
Beli map + formulir >> Ambil nomer antri >> Dipanggil, nunjukkin berkas (kalo oke langsung dapet jadwal buat wawancara dan foto, biasa 3 hari kerja sesudah penyerahan berkas) >> Wawancara dan foto + bayar paspor + dapet kertas jadwal pengambilan paspor baru (biasanya 3 hari kerja sesudah hari itu) >> Terima paspor baru

Sekarang jadi begini :
Ambil nomer inden di loket nomer inden (jam buka 08.00-11.00) + dapet jadwal kapan dan jam berapa harus datang lagi >> Antri sesuai jadwal dan jam di Customer Service sambil bawa berkas yang diperlukan + dapet nomer antri >> Ambil map + formulir sambil nunjukin nomer antrian dari CS >> Isi formulir langsung di tempat >> nah setelah ini aku masih belum tahu apakah proses ini langsung berlanjut ke wawancara dan foto atau masih serahkan formulir yang kita isi tadi, lalu nunggu lagi sekian hari baru bisa wawancara…

Untuk kelengkapan dokumen yang mesti dipersiapkan, nanti aku posting di Jilid 2. Masalahnya tanggal 24 nanti sepertinya nggak bisa dateng ke imigrasi deh, karena suami berangkat dari Turki tanggal 23, takutnya nyampe Batam tanggal 24 pagi malahan sore jangan-jangan. Kan kasihan abis penerbangan jauh, langsung ngantri di imigrasi. Minggu depan aku mau balik ke imigrasi, jelasin hal ini ke petugas dan minta nomer inden lagi untuk jadwal yang baru. Semoga lancar-lancar deh bikin paspornya kali ini, no drama yaa minimal less lah😀

6 thoughts on “Pengurusan Paspor (Jilid 1)

  1. waduh kok ribet banget gitu ya? kan pengurusan paspor indo sekarang udah bisa isi form online trus tinggal dateng buat submit document aja. di batam gak berlaku ya yang begitu?
    soalnya disini dan di jakarta begitu lho…

    • Disini bisa online juga Mas, bahkan pernah aku pake sistem online bwt ngurus paspor adek th 2012, cuma ini mau nyoba manual krn mau bikin e paspor, denger2 mesti walk in, gak bisa online.. Kalopun bisa online daripada kenapa2 (krn skrg sistem online bayar dulu baru diproses) dan duit e paspor 3 biji melayang, mending susah2 aja dulu deh lewat manual hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s