Langit : MPASI Usia 6 Bulan

Akhirnya masa MPASI 6 bulan ini berakhir dan berjalan dengan lumayan sukses. Lumayan aku bilang karena ada beberapa hal yang terjadi sepanjang MPASI perdana yang lalu. Dan saatnya menikmati perjalanan MPASI di bulan ke 7 yang pastinya makin banyak makanan yang bisa dicobain ke mas. Sebelum mereview, aku mau jabarin (halah!) menu mas Langit di bulan ke 6 usianya :
Buah : Pepaya, Pisang, Alpukat, Pir, Apel  
Umbi dan Labu :  Labu Kuning, Ubi Jalar Oranye, Kentang 
Serealia : Tepung Beras Merah (Gasol), Tepung Beras Cokelat (Gasol), Oatmeal  

image

image

Ada beberapa yang nggak kefoto. Maklum selain merangkap tukang masak, aku juga yang nyuci peralatan makannya, sterilin, nyusun makanan ke mangkok dan motoin plus ngedit buat blog hihihihi. Kadang nggak sempet karena lagi nggak pegang kamera atau si kecil udah ngamuk kelaparan😆

Awalnya sih emaknya Langit ini udah rapih bikin susunan menu untuk sebulan kedepan. Namun teori hanyalah tinggal teori, kenyataannya aku bikinin MPASI mas berdasarkan hasil pandangan mata di pasar hahaha. Abisan misal besok rencana alpukat, hari ini ke pasar eh alpukatnya jelek-jelek atau nggak lagi mateng. Btw Mamaku pernah dapet alpukat mentega loh dan emang ya itu dagingnya gurih banget dan tebal. Maknyos lah mas maemnya. Tapi ya gitu, cuma sekali aja nemu yang mentega. Hari selanjutnya susah lagi nyari alpukat yang bagus. So balik lagi ke susunan menu, aslik berantakan pas diterapin di lapangan. Tes alergi?? Minggu-minggu awalnya aja sih 3 hari, makin kesini 2 hari aja yang masak MPASI udah bosen hahahaha, nggak sabar mau cobain menu lain. Alhamdulillahnya mas Langit nggak ada tanda alergi, jadi bisa diterabas aja susunan menunya  

Untuk buah mas Langit suka semuanya. Untuk umbi, dia nggak suka tekstur yang terlalu kental, pernah aku bikinin labu dan lupa nggak aku kasih cairan entah sufor atawa sari buah, alhasil dia eneg huek huek gitu. Trus untuk Gasol baik beras merah (ini dia nggak doyan) maupun beras cokelat sukses bikin sembelit. Pupnya mas keras plus sedikit berdarah. Makanya aku stop konsumsinya. Nggak tega ngeliat mas lagi ngeden sampe merah mukanya hiks. Untuk ngatasin sembelit, aku nggak kasih dulu makanan yang teksturnya berat di pencernaan misal pisang. Jadi aku kasih puree pepaya terus menerus selama 2-3 hari. Trus setiap ganti popok aku pijit perlahan perut mas membentuk tulisan I Love U dan aku gerak-gerakkin kakinya seperti lagi nggowes sepeda. Terbukti loh ampuhnya hehehe, membantu melancarkan sembelit. Jangan lupa asupan cairan untuk bayi dibanyakin biar makin lancar. Trus kentang juga nggak suka. Dibikin puree tunggal, nggak habis. Dicampur sama ASIP, eh malah muntah. Besoknya lagi saking penasarannya sama kentang, aku campurin sama pisang dan sari buah pir. Hasilnya? Habis dong! Alhamdulillah  

Tepung gasol yang nggak kepake rencana mau aku bikin jadi cookies aja, untuk cemilan mas di bulan ke 8. Untung kebantu sama mbah Google, resep cookies dari Gasol mah bejibun hehehe. Khusus apel dan pir, aku kukus dulu trus blender. Nggak sanggup bok mesti marut dulu trus saring pake saringan kawat. Nah masalahnya walopun udah aku kukus tapi masih berserat gitu, jadi aku masih ragu kasih ke mas langsung gitu, mesti disaring lagi tinggal sarinya aja. Baru deh bisa aku campur ke buah lain yang lebih padat teksturnya atau aku masukin ke gelas MagMagnya buat minum. Khusus oatmeal, aku surprise karena mas Langit doyan. Mungkin karena aku campurin buah di dalamnya, tapi aku seneng tiap makan oatmeal selalu habis dan nggak ada masalah dengan pencernaannya  

Menjelang akhir bulan lalu, mas sakit. Panasnya tinggi sampe 39 C. Mungkin mau tumbuh gigi. Rewel sepanjang hari, malam pun susah tidur. Alhasil makannya juga jadi berantakan. Tapi masih untung lagi nih, dia mau makan. Aku kasih pisang siang dan sore hari tetep lahap. Minum cairan seperti ASI dan air putih aku banyakin. Alhamdulillah hanya sehari aja panasnya udah turun ke 36 C, udah bisa aktif lagi. Oh ya karena sakit, jadwal imunisasi mas aku undurin aja. Mungkin hari Senin depan baru pergi imunisasi

image

image

Well, sepertinya untuk bulan ketujuh ini aku pengen terapin lagi 3 days rule, supaya makin jelas makanan apa yang bisa bikin mas alergi, supaya nggak repot ke depannya. Dan aku pengen lebih kreatif lagi masakin buat makanan mas, biar gizi mas tercukupi dan mengenal banyak rasa makanan. Semangat!!

3 thoughts on “Langit : MPASI Usia 6 Bulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s