Menuju MPASI (Peralatan)

Sungguh amat sangat tidak terasa kalo sekitar setengah bulan lagi, tepatnya tanggal 3 September mas Langit berumur 6 bulan, yang artinya waktunya MPASI!! MPASI sendiri adalah Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Alhamdulillah walaupun mas Langit nggak ngerasain ASI Eksklusif, in shaa Allah kali ini aku mau berusaha agar MPASI-nya berjalan lancar dan sukses. Sebenernya sih kalo dibilang minum sufor, bisa diitung dengan jari lah. Hanya pas kalo aku tinggal keluar rumah, mau nggak mau minum sufor. Karena kalo dipompain ASI dia nggak bakal mau. Mubazir kan?! Minum sufor juga dia nggak mau sebenernya. Kecuali kalo udah laper banget dan “gentong”nya belum pulang, dia terpaksa minum sufor pake nangis dan paling cuma abis 20-30ml aja. Makanya seperti ibu-ibu yang sukses ASIX dan majang sertifikat S1 ASIX segala, aku mah nyadar diri kalo aku ngerasa belum sukses ASIX. Walopun aku udah berusaha sekuat tenaga buat ngasih yang terbaik untuk anakku. Dan bisa dibilang mas Langit ASIX 99%, kurang 1% doang  

Seperti halnya kerempongan nyari obgyn dan belanja keperluan bayi, belanja keperluan MPASI ini sangat ribet. Ingin hati bisa bela beli sesuai keinginan. Browsing sana sini, peralatan yang dibutuhkan koq ya mahal-mahal dan rata-rata di Batam ini harganya jelas beda dengan ITC di Jakarta sono. Mau nyoba olshop lagi, untuk perkakas yang gede-gede itu macem mana. Bisa-bisa abis di ongkir aja. Jadi aku putuskan untuk mencari yang ada saja di supermarket sekitar Batam  

Yang pertama kali aku cari itu food maker. Merk yang biasa buibu dunia maya pake itu Puku dan Pigeon. Di olshop, Puku harganya IDR 110.000, Pigeon IDR 230.000. Di alam nyata (Hypermart Batam), Puku harganya IDR 159.900, Pigeon nggak tau karena nggak ada, udah keliling nyari buat compare harga. Trus ya udah deh aku ambil yang merk Puku. Isinya ya seperti isian food maker kayak penumbuk kayu, pemeras jeruk, saringan, parutan, dapet mangkuk kecil sama sendok kecil juga. Tapi eh tapi aku iseng deh pengen  beli isian itu semua tapi terpisah. Pindah ke bagian perkakas dapur, aku ambil cobek kayu + ulekannya (cari ulekan doang nggak ada), pemeras jeruk, saringan kawat 2 buah (untuk sayur-buah dan serba daging), parutan keju stainless steel, mangkuk kecil set isi 4 buah, totalnya sekitar IDR 105.000. Beda tipis sih tapi saringan kawat dapet 2, mangkuk juga dapet 4. Lagipula peralatan ini nantinya bisa dipake untuk keperluan dapur setelah selesai MPASI. Kalo food maker kan ukuran kecil dan bahan plastik pula. Takutnya nggak tahan lama. Jadi food maker Puku aku kembaliin ke habibatnya hahaha

image

Lanjut..  

Aku beli wadah untuk cuci buah dan sayur, talenan plastik 2 buah (untuk sayur dan daging), spatula, sendok takar, penjepit buah/sayur/daging, ice cube + cling wrap (nyari yang bertutup nggak ada), sutil kayu untuk ngaduk bubur, pisau buah, pisau daging, aneka sendok (centong, sendok sayur, sendok makan biasa) untuk ngambil-ngambil buah/sayur/hasil masakan

image

Trus untuk wadah penyimpanan, awalnya mau pesen Tupperware sama tetangga, tapi koq ya warna yang aku pengen lagi kosong stoknya. Kalo mau tunggu ya bulan depan. Haiyaa bulan depan udah waktunya MPASI, gimana mau nyetok sayur dan buah. Trus pindah lagi ke Ikea Pruta. Lihat harga spesial karena lagi ada promo di salah satu akun FB. Rupanya orang Batam. Ya udah aku whatsapp aja tanya alamat lengkapnya. Eh nggak dibalas. Ya udah deh nggak jadi aja. Udah dari kemaren nggak dibalas-balas. Belum rejeki dia kali yaaa. Jadi aku beli aja wadah apa aja asal food grade (PP 5), beli merk GL Lock 4 (6 buah) sama Claris Biosense (3 buah), mudah-mudahan cukup yaaa

image

Yang belum itu panci kecil stainless steel. Lihat di Hypermart rata-rata alumunium. Padahal yang bagus itu ya bahan stainless. Untungnya deket komplek tiap Selasa dan Jumat ada pasar kaget gitu. Nah disana ada yang jual panci-panci stainless merk 555. Entar beli disana aja. Untuk blender, kebetulan udah punya. Punya Mama sih, hadiah ultah dari adek, katanya boleh pake. Alhamdulillah, secara itu blender masih cling, belum pernah dipake samsek. Slow cooker kayaknya nggak beli. Bukan working mom inih, pasti ada waktu lah untuk bergulat di dapur bikin bubur/nasi tim. Panasonic Dish Dryer?? Idaman sih tapi tadi lihat harganya IDR 722.000, lumayan ya ciiiin buat spa hahaha. Jadi rencana sterilin, semua perkakas cuci bersih trus siram air hangat deh. Beres… In Shaa Allah bersih dan steril😀  

Untuk bebersih peralatan MPASI, aku beli Sleek pencuci botol & aksesoris bayi, spons warna pink merk Scotch Brite, sabut spons anti gores warna pink merk Scotch Brite dan Sleek Handwash buat aku cuci tangan sebelum dan sesudah mempersiapkan MPASI. Nggak lupa beli lap pembersih peralatan makan merk Scotch Brite supaya kering pas dimasukkin ke rak. Oh ya untuk rak perlengkapan makan aku pake yang bertutup, biar aman dari semut/serangga lainnya dan steril tentunya

image

Nah untuk peralatan makannya, aku beli merk Tupperware Tiwi Todz. Satu set isinya mangkuk makan bertutup, sendok makan, gelas ada pegangannya dan bertutup plus wadah snack. Semuanya ukuran imut dan warnanya cerah ceria

image

Maap yeee fotonya aneh, nggak jelas gambar mangkuk dsb nya. Motretnya sambil gendong anak yang berontak mulu karena dikekep emaknya hahaha

Review Tiwi Todz sementara ini sih di gelasnya ya. Aneh aja rata-rata gelas bayi itu yang muncung ujung atasnya dan ada lobang 3-4 biji buat keluar air minumnya. Kalo ini nggak, dia punya lubang untuk keluar air di sisinya. Contoh gelas kita biasa, dikasih tutup yang dilubangin sisi sekelilingnya 3-4 lubang. Untuk minum sih nggak masalah yaa kayaknya, tapi selesai nyucinya itu loh, masih keselip air di antara tutupnya. Ampe susah bolak balik aku lap dan mudah-mudahan bagian itu udah kering. Semoga ini Tupperware cocok dipake mas Langit

2 thoughts on “Menuju MPASI (Peralatan)

Leave a Reply

