Eid Mubarak 1435 Hijriah

Hari ini in shaa Allah puasa terakhir di bulan Ramadhan. Kenapa in shaa Allah? Karena belum dapet hasil sidang itsbat para ulama mengenai ketetapan kapan 1 Syawalnya. Soalnya pernah kejadian, lupa tahun berapa, Mama udah mulai sibuk masak ketupat plus temen-temennya alias si opor dan rendang, sementara aku dan suami (waktu itu masih jadi pacar) selesai Magrib langsung jalan-jalan ke arah alun-alun buat nonton pawai takbir. Ternyata eh ternyata, Lebaran diundur. Hahahaha…  

Kocak banget dah tampang orang-orang di alun-alun, termasuk kami. Begitu dapet sms dari Mama yang isinya kalo Lebaran nggak jadi besok dan mesti bangun sahur lagi, jadi harus pulang cepet, nggak boleh kemaleman. Akhirnya daripada udah telanjur keluar rumah, nongkrong bentar di McD. Ketemu beberapa temen disana, yang ada ngakak bareng-bareng karena ketahuan mau pada pergi liat pawai eh Lebarannya nggak jadi. Alhasil makan sahurnya ya pake ketupat opor laahhh sambil cemilin cookies Lebaran😀  

Hari ini sih Mama memang tetep masak-masak. Masalah Lebaran jadi besok atau nggak, yang penting makanan suguhan mateng dulu. Nah ngomong-ngomong masak ketupat sama bikin cookies, koq aku sepertinya beda aliran ya sama Mama dan adikku? Gini, aku tuh paling males kalo masak gede-gedean. Kalo sekedar untuk makan berdua atau berempat gitu, aku masih pede. Tapi kalo mau masak suguhan untuk tamu, waduh jangan aku deh. Bukan masalah nggak bisa masak, aku tuh paling males cuci peralatan habis masak itu loh. Di rumah Mama ada panci dan wajan guedee. Baru dipake kalo mau masak besar kayak Lebaran gini. Kebayang kan kalo udah kotor itu gimana. Secara sink di dapur mungil, terpaksalah nyuci wajan dan panci itu di teras rumah (kebetulan ada keran yang biasa dipake buat siram taneman). Pokoknya intinya aku nggak demen sama cuci piring. Mungkin nih, entar kalo Lebaran dirumahku palingan isinya bolu potong aja sama air kemasan. Kalopun maksain ada cookies, ya beli jadi aja, banyak toh dijual disana sini. Kalo harus ada ketupat dan kawan-kawannya, ya pesen catering Lebaran lah. Atau yaaaa “ngangkut” dari rumah Mama kayak sekarang ini. Gitu aja koq repot😀  

Ngomongin hasil puasa Ramadhan tahun ini, Alhamdulillah lancar. Walopun dalam keadaan menyusui, stok ASI tetep berlimpah. Nggak bisa nyelesain misi One Day One Juz, baru mau buka Al Qur’an, mas Langit udah mewek minta mimik. Nggak bisa Tarawih juga karena yaa gitu deh, punya bayi yang masih kecil banget, belum bisa ditinggal. Mudah-mudahan Ramadhan tahun depan bisa lebih baik lagi ibadahnya, apalagi mas Langit in shaa Allah udah setahun lebih umurnya, bisa diajak ke mushola buat Tarawih. Yang bikin tambah bersyukur dan seneng banget, Ayah bisa pulang horeeee!! Kalo nggak ada halangan in shaa Allah sore nyampe Batam. Rutenya ya seperti biasa panjang banget, Montevideo – Sao Paulo – Doha – Singapore – Batam. Kalo ditotal bisa 24 jam lebih perjalanan. Kasihannya lagi pas bulan puasa pula. Trus rintangannya juga adalah pas nyari bukaan atau makan sahur di airport banyakan makanan non halal. Untung aja penerbangan panjangnya dari Sao Paulo ke Doha trus Doha ke Singapore naeknya Qatar Airways, kemungkinan dapet makanan berbuka dan sahur yang halal selama di pesawat  

Bersyukur sekali tahun ini bisa ngumpul bertiga. Apalagi udah ada mas Langit. Berkah yang luar biasa dari Allah *sujudsyukur*  

Selamat menjalani ibadah puasa di hari terakhir yaaa. Tetep semangat, semoga puasanya lancar sampe bedug dan diberikan umur panjang juga kesehatan bisa bertemu Ramadhan tahun depan. Amiiinn…  

Salah satu lagu raya yang jadi favorit, dari Ahmad Jais – Selamat Hari Raya :

Selamat hari raya, Aidil Fitri mulia
Ampun maaf dipinta, mensuci hening dosa
Setahun menghilang, sekarang menjelang
Hari yang bahagia, Selamat Hari Raya…

2 thoughts on “Eid Mubarak 1435 Hijriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s