Setelah Berclodi

Sejujurnya aku nggak bisa kasih review tentang pemakaian clodi sebaik buibu yang pernah nge-review di blog lain. Jadi review ini hanya berdasarkan pengalaman memakaikan clodi ke mas Langit, untuk istilah-istilah clodi, aku ndak paham😀

Sebelum kenal clodi, aku lebih dulu pakein ke mas Langit prefold. Dari hasil googling, aku dapet cara ngelipat prefold secara simple dan pakai snappi dengan mudahnya. Memang untuk prefold ini nggak bisa nahan pipis sebanyak clodi ataupun pospak. Jadi pipis 1-2x saja udah aku ganti prefoldnya. Enaknya lagi pake prefold ini, supaya nggak rembes ke sprei lah atawa alas ompolnya, bisa ditutup dengan cover. Nah cover ini pun clodi juga namanya, tapi berbentuk cover saja. Bisa diganti insertnya tapi nggak perlu ganti covernya, kecuali cover udah lembab kena pipis atau kena noda pup, ya harus ganti. Jujur aku suka banget sama model cover ini. Hanya tinggal ganti insert dan bikin cucian nggak numpuk. Untuk pemakaian prefold ini aku pakein ke mas pas usia dua mingguan sampe udah nggak muat lagi prefoldnya, kalo nggak salah umur 1,5 bulan udah nggak pake lagi. Belinya merk Bumwear, ukuran infant dan ada yang unbleaching, ada yang white. Unbleaching ini maksudnya nggak melewati tahap pemutihan, jadi warna asli kain prefoldnya. Trus untuk covernya, aku pilih NVMe Diaper Cover. Motifnya bagus-bagus dan cepet kering kalo dicuci. Sebenernya untuk diaper cover ini punya insert bawaan sendiri, namanya soaker mushroom. Disebut mushroom karena bentuk belakangnya seperti jamur, makin melebar gitu buat nampung pipis supaya nggak mbleber. Di atas soaker ini udah dilapisin liner untuk nahan pipis. Ohya, soaker ini pada dasarnya sama dengan insert koq, bahan microfibre juga, makanya dialasin sama liner, supaya bahan microfibrenya nggak bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Bikin kering soalnya. Awalnya aku beli cuma diaper covernya doang tanpa soaker. Pas kedua beli sekalian sama soakernya, dapet 2 buah. Jujur lebih enak pake soaker deh dibanding prefold, lebih praktis dan bisa nampung pipis agak banyak. Kalo pas pake prefold, jangan lupa siapin juga fleece liner untuk alas pup. Merk yang aku pilih GG, 1 pak isi 10 lembar, gampang dikucek kalo kena pup dan cepet keringnya. Persediaan waktu itu untuk mas Langit : Prefold Bumwear 1,5 lusin, Snappi pengait popok 1 buah, NVMe Diaper Cover 2 buah, Soaker Mushroom bawaan dari NVMe 2 buah dan GG Fleece Liner 10 buah. Buat yang mau tau tentang harga bisa baca-baca disini dan disini, trus untuk reviewnya bisa lihat disini

Selesai cerita prefold, sekarang giliran clodi. Jujur semakin banyak baca di sana sini hasil browsing, semakin bingung mana merk yang terbaik tapi juga harga terjangkau *episodemedit*. Katanya ada rupa ada harga. Ceki-ceki harga clodi impor koq ya jadi jantungan juga. Rata-rata di atas 200 ribuan untuk satu clodi. Emang sih kualitas nggak perlu diragukan, awet dan daya serap ada yang bisa sampe 10 jam!! Gileee, kalo pun iya bisa 10 jam, aku masih nggak tega pakein ke mas selama itu. Maksimal 6 jam lah. Lagipula suami nggak bakalan approve deh kalo udah harga beginian. Wong beli clodi lokal aja mesti pake jurus rayuan maut dulu baru dibolehin beli. Suami mah berpikiran praktis aja, pake pospak, penuh, buang, beres. Nggak perlu cuci mencuci segala apalagi clodi kan mesti pake detergen khusus supaya nggak nurunin performanya. Sementara kalo aku pengennya sih (sok-sokan) go green, hemat pengeluaran juga tiap bulan buat beli pospak. Tetep sih pake pospak tapi buat kalo lagi pergi-pergi aja

Itungan dikit nih, sekarang mas Langit (masih) pake pospak merk Mamyp*ko ukuran M dengan harga IDR 52.000 (sebenernya sih IDR 52.050, tapi biar enak aja ngitungnya…) untuk isi 40. Kebetulan memang baru beli minggu lalu dan adanya stok yang isi 40 doang paling banyak. Jadi aku beli lah 2 bungkus jadi total isi 80 buah dengan harga IDR 104.000. Baru juga berjalan belum satu minggu, udah habis 20 buah. Padahal aku jarang pakein mas pospak kecuali mulai masuk malam hari. Maksimal dalam sehari aku pakein 3 buah pospak, kecuali dengan catatan clodi belum kering, pasti seharian bisa aku pakein pospak. Berarti itungan kasarnya 2 bungkus @40 buah itu bisa untuk sebulan lah ya. Kalo dalam setahun bisa ngabisin sekitar IDR 1.248.000, nah kalo dua tahun?! Sementara clodi aja yang merk lokal satu buahnya nggak sampe seratus ribuan, ada yang dapet 1 atau 2 insert. Bisa dicuci berkali-kali dan bisa diwarisin ke adeknya asal perawatannya bagus. Normalnya dari yang aku pernah baca, punya 10 clodi pun cukup asal insert dibanyakin. Paling bagus ya punya 10 clodi yang bisa dipakai sehari-hari (siang-sore) dan 3 atau 4 clodi impor untuk pemakaian malam dan saat bepergian. Itu cukup tuh buat full clodi sampe dua tahun. Itung lagi nih harga clodi lokal disamaratakan IDR 90.000 per buah dikali 10 jadi IDR 900.000, trus untuk yang impor misal pengen beli merk Blueberry itu harganya IDR 320.000 per bijinya dikali 4 jadi IDR 1.280.000, total untuk semua clodi itu IDR 2.180.000. Itu harga rata-rata, belum kalo lagi ada promo atau diskon spesial dari empunya olshop, bisa lebih hemat lagi. Apalagi misal beli merk Blueberrynya cuma dua, lainnya merk impor laen yang harganya under 300ribu, wah bakalan bisa turun lagi tuh itungannya

Well, lagi-lagi karena nggak mampu minat beli yang impor jadi cukup lah aku beli yang lokal saja. Untuk percobaan aku beli merk yang paling banyak dibicarakan yaitu GG, Cluebebe dan Pempem!

image

Merk Clodi : GG model velcro (perekat)
Motif : Ship
Insert : Microfibre
Skor : 8 dari 10

Suka GG karena pas di pahanya mas Langit. Nggak bocor samping dan kalo dicuci cepet kering. Paling lama pemakaian sih 4 jam. Pernah kena pup banyak, agak berjuang nguceknya dan pas dijemur masih ada noda pup samar-samar. Eh pas udah kering ilang deh nodanya, bersih lagi. Dengan catatan jemurnya kena sinar matahari ya, jadi bekas noda bisa ilang total. Cuma untuk velcronya agak sempit di perut mas Langit, kalo dilonggarin takut lepas secara mas lagi aktif-aktifnya gerak. Kemungkinan mau beli lagi sih nggak ya, karena diliat-liat paha mas mulai memerah setelah pakai ini yang artinya udah mulai sem to the pit. But, GG ini bagus buat pemula seperti aku

image

Merk Clodi : Cluebebe Pocket Classic model snap (kancing)
Motif : Giraffe
Insert : Stay Dry (microfibre)
Skor : 7 dari 10

Agak di luar dugaan ya secara banyak review bagus tentang Cluebebe ini. Tapi di aku koq ya performanya nggak bagus-bagus amat. Gampang tembus ke kasur padahal baru berapa jam pemakaian dan bocor samping juga. Mungkin karena belum pas di pahanya mas Langit, jadi masih suka ngalir pipisnya ke luar clodi. Trus kalo masukkin insertnya harus bener-bener pas dan rapi karena kalo nggak ya bocor samping itu tadi. Huhuhuhu padahal berniat mau koleksi merk ini agak banyak. Dicuci cepet kering dan kebetulan aku punya stok insertnya 4 biji, jadi nggak perlu cemas kalo musim ujan. Masih mau dicoba lagi siapa tau makin kesini makin bagus performanya

image

Merk Clodi : Pempem! model snap (kancing)
Motif : Kendaraan
Insert : Litty (gabungan katun dan microfibre)
Skor : 7,5 dari 10

Sama juga dengan Cluebebe, padahal clodi ini reviewnya bagus tapi tetep di aku nggak. Bener-bener aku liat itu pipisnya mas ngalir dari samping. Memang sih ukuran clodinya masih agak kebesaran sama mas Langit jadinya masih ada rongga gitu di paha. Insertnya lebih tipis dari microfibre dan lebih cepet kering juga daripada insert lainnya. Cumaaaa pas tempo hari aku pakein clodi ini dan kelupaan ganti sampe ada lah mau 6 jam gitu, Alhamdulillah nggak tembus, nggak bocor samping dan permukaan tetep kering. Posisi mas saat itu lagi tidur, mungkin juga karena lagi nggak aktif ya jadinya nggak bocor. Kekurangannya ya itu tadi, masih kegedean di mas

Kesemua clodi di atas permukaannya tetep kering walopun insert udah basah sah sah dan berat saking nampungnya udah banyak. Rencana pengen beli lagi beberapa buah dengan merk yang sama aku urungkan. Nanti aja dulu liat performa selanjutnya terutama untuk Cluebebe dan Pempem! Ada dua merk dengan harga terjangkau yang pengen aku coba yaitu Sobi dan Babyland. Baca beberapa review sih bagus tapi mesti aku coba dulu baru tahu hasilnya. Untuk merk impor masih kepengen Fuzzibunz, Charlie Banana atau Blueberry. Tapi mungkin pun nggak bakal kebeli karena aku sendiri nggak terlalu minat, lebih baik dialokasikan untuk clodi lokal aja. Lagian pemakaian clodi aku batasin paling lama ya 6 jam lah, lewat itu harus ganti demi kebersihan mas Langit juga. Kalo ada pembaca yang pernah pake Sobi ataupun Babyland, boleh dong dibagi disini reviewnya….

Leave a Reply

