Mas Langit Perdana

…..sakit

Ketularan flu dan batuk dari aku. Padahal aku udah berusaha pake masker, tapi yang namanya ibu dan anak pasti selalu ada kontak langsung seperti saat menyusui. Aku nggak mau minum sembarangan obat, jadinya pilihan aku ke obat batuk herbal cap ibu dan anak. Nah kalo mas Langit yang jatuh sakit itu gimana yaaa. Untuk pileknya, berkala Mamaku nyedotin ingusnya langsung dari hidung mas. Kebiasaan dari dulu hehehe tanpa penyedot ingus segala. Tapi namanya juga anak kecil kasihan liat napasnya susah, belum lagi grok..grok..batuknya. Googling aku cari tahu perawatan dari rumah saja tanpa antibiotik dari dokter. Katanya sih diuap supaya ingusnya meler, nggak nyumbat di hidungnya. Jadi lah dalam sehari bisa 3x aku siapin baskom isi air panas yang aku tetesin minyak telon, trus mas ditengkurepin sama Mama, baskomnya aku deketin ke arah mas supaya bisa kehirup hawanya. Mama tepuk-tepuk pelan punggungnya. Nggak lama eh meler itu ingusnya hehehe. Trus begitu dibalik badannya langsung muntah. Dari yang aku baca sih memang kadang muntah buat keluarin dahaknya. Dan satu lagi, mas tetep aku susuin dalam kondisi aku maupun dia lagi sakit. Karena dari yang aku baca, ASI itu tidak mengandung penyakit yang sedang diderita si ibu (kecuali penyakit berat) karena udah ada antibodinya sendiri, bahkan bisa cepat menyembuhkan bayi yang sakit karena dengan minum terus maka penyakitnya bisa dikeluarkan lewat pipis atau pup. Nah hal ini yang sempet jadi pertentangan sama Mama. Katanya ASI-ku itu ada penyakitnya kalo aku sedang sakit. Ya gitu deh pasti ada kontranya antara pola pengasuhan ibu jaman dulu dengan jaman sekarang. Bukannya aku nggak sependapat sama Mama atau aku terlalu percaya sama internet, cuma menurutku ASI itu anugerah dari Yang Di Atas, nggak mungkin segampang itu tercemar sama penyakit atau zat-zat berbahaya lainnya, kecuali ya itu tadi kalo si ibu punya penyakit berat atau sedang konsumsi obat yang berat juga, pasti dilarang untuk menyusui. Kalo cuma flu, batuk, sakit kepala, mah nggak papa

Kondisi mas Langit yang makin parah batuk dan flunya plus jadi susah tidur sama nene, aku pun nyerah. Aku bawa dia ke dokter. Karena aku males bawa dia ke dokter di Griya Medika karena jadwalnya banyakan malam, aku pilih bawa ke RS Awal Bros. Ada temen yang rekomendasiin dokter anak disana, namanya dr Nenden Ismawaty, SpA. Mas Langit dapet nomer urut tujuh. Lumayan lama juga nunggu dokternya. Dibilang paling lambat jam setengah 11 nyampe, tapi jam 11 lewat juga datengnya. Ohya berat badan mas udah 6,3 kg dan panjangnya 62 cm. Begitu tiba giliran mas, kami pun masuk. Mas dalam keadaan tidur. Dicek kondisinya masih baik-baik saja, wajar flu dan batuknya. Nah pas kebetulan ada bu dokter, aku nanya deh tentang ASI yang cukup sempet jadi perdebatan antara aku dan Mama. Dan ternyata bener kan kalo nyusuin pas ibu sakit flu atau batuk itu nggak masalah karena ASI punya antibodi sendiri yang ngelawan penyakit. Dikasih resep yang aku udah yakin kalo itu antibiotik. Setelah keluar dari ruangan dokter, aku dilema apakah mau ditebus obatnya atau nggak. Tapi pikir-pikir tebus aja lah, sapa tau nanti butuh. Obat yang aku terima itu Mucos Drop (untuk batuk), Sanmol Drop (untuk demam), Breathy (untuk hidung tersumbat) dan Alco Drop (untuk hidung tersumbat juga). Dari semua obat itu aku cek aman untuk bayi, cuma yang Alco itu aku baca tidak untuk anak < 2 tahun, ibu hamil dan ibu menyusui. Nah jadi itu obat diresepin untuk siapa ya?? Mas kan masih 2 bulan dan kalo obat itu untuk aku, aku kan lagi nyusuin *bingung* Ntar deh kalo ada waktu ketemu bu dokternya lagi mau aku bawa obatnya, mau minta kejelasan. So far, dokternya ramah dan nggak terburu-buru seandainya kita masih ada yang mau ditanyain. Kebetulan aku nanya juga kejadian yang mas bercak merah setelah BCG, beliau bilang bahwa tindakan dokter yang nyuruh kita cek darah bayi itu benar, karena kita nggak tau apa yang terjadi secara detil, yang hanya bisa secara jelas diliat lewat darah. Seandainya waktu itu kami bawa ke beliau pun bakal disaranin demikian

Sampai di rumah, obat yang aku kasih ke mas cuma Breathy aja. Obat yang lain aku masih ragu mau kasih jadi tetep aku pake pengobatan tradisional. Tetep diuap dan diblonyohin yaitu dikasih baluran bawang merah yang udah dirajang dan dikasih tetesan minyak telon. Alhamdulillah sekarang ini batuknya udah sembuh tinggal pileknya aja yang masih agak meler, masih rajin aku tetesin Breathy. Ohya aku juga beli Transpulmin BB, balsem untuk bayi, lumayan bikin hangat mas kalo mau tidur, jadi tidurnya tambah nyenyak

Leave a Reply

