Sudah Sebulan

*sekalian quick review prefold, cover dan fleece liner*

image

Hari ini tepat usia mas Langit satu bulan. Nggak terasa ya, seperti kemarin baru lahiran, masih pemulihan pasca caesar dan ngalamin yang namanya baby blues. Alhamdulillah perkembangan mas Langit sangat bagus. Dari yang awal matanya merem terus, paling beberapa kali “ngintip”, sekarang udah bulet ngeliatnya. Rewel tiap malem juga mulai berkurang walopun kadang kalo lagi ngamuk mah tetep aja bikin kami begadang dari dini hari sampe Subuh, seperti awal-awal dia baru lahir. Cuma kali ini toleransi aku sama tangisan dia udah mulai bertambah. Udah nggak panikan kalo tiba-tiba tangisan dia makin kencang sampe histeris

Untuk ASI, emang aku akuin belum sampe bisa eksklusif. Maklum si Mama kan masih ikut bantu jagain mas Langit, jadi kadang kalo liat dia nangis kejer, langsung deh nyuruh Ayah bikinin sufor. Padahal udah sering aku bilang kalo nangis itu belum tentu haus, bisa aja popoknya basah, kerasa gerah atau kedinginan. Tapi ya namanya juga ortu yang udah pengalaman gedein anak-anaknya, kita pun nggak bisa mentah-mentah bantah omongannya. Cuma aku emang udah batasin konsumsi sufornya jangan sampe melebihi konsumsi ASI, maksimal 2x minum lah sehari sekitar 60ml gitu. Errrrr mesti sabar-sabarin deh sampe akhirnya mas Langit bisa ASIX. Semoga…

Trus untuk pemakaian popok juga aku belum bisa full go green seperti niat awal. Kalo malem atau pas bepergian, mas Langit masih aku pakein pospak. Clodi juga belum mulai nyicil, masih bingung mau beli merk yang mana dan belum ngumpulin dananya juga. Alhamdulillah prefold Bumwearnya kepake. Walopun ternyata dipakein ke mas Langit koq agak sempit, padahal udah beli yang ukuran infant lho, untung nggak beli yang ukuran newborn. So far bagus juga daya serap si Bumwear ini. Kadang aku pakein sampe 1,5 jam juga nggak tembus ke covernya. Kecuali udah penuh banget, paling keluar bau pesing aja tapi nggak basahin cover. Btw suka deh sama diaper covernya NVMe, udahlah nggak mudah tembus, cepet kering lagi kalo dicuci walopun cuma diangin-anginin doang. Agak nyesel kenapa nggak nyetok banyak dan beli soaker mushroomnya sekalian, karena jatuhnya lebih praktis dibanding pake prefold dulu trus dilapisin covernya. Trus suka juga sama fleece liner GG, enak banget dicucinya gampang, kucek dikit noda pup ilang like magic

image

Untuk imunisasi, mas Langit udah dapet vaksin Hep B pertama dan kedua, trus Polio juga udah. Berat badannya terakhir udah 4,5 kg aja. Padahal badannya itu termasuk mungil lho dibanding bayi seusianya, cuma tulangnya itu yang berat, maklum turunan dari Bundanya. Yang terpenting sih pas periksa ke dokter sekalian nanya-nanya tentang perkembangan mas, dokter bilang sehat, hati pun tenang. Tentang rewelnya kata dokter palingan umur 5 bulan udah mulai mereda. Ya gapapa lah Dok, yang penting sehat terus dan AyBunnya juga badannya fit terus walopun begadang tiap malam

Ceritanya tentang mas Langit udah. Sekarang ceritain tentang kondisi Bundanya. Alhamdulillah sudah sangat pulih dari nyeri pasca operasi. Seminggu pertama dari lahiran, kontrol ke dokter, buka jahitan trus dikasih betadine plus diperban lagi ukuran kecil, abis itu dua hari kemudian disuruh lepas perban sendiri dan udah bisa mandi. Ya gitu deh, seminggu nggak mandi keramas, cuma gosok gigi dan cuci muka. Kebayang dah baunya itu gimana huwehehehehe. Nggak tau juga sih kenapa nggak dikasih perban anti air sama dokternya. Trus pencernaan agak bermasalah di awal pasca operasi. Sembelit parah bookk. Bener-bener belum bisa ngerasain sakit perut pengen pup. Nggak dikasih obat pencahar pula dari dokternya. Jadilah minta tolong Ayah ke apotek buat beli Microlax, legaaaa deh…! Untuk aktivitas ngerjain kerjaan rumah, dari seminggu selesai operasi juga aku udah bisa cuci piring sama nyapu dikit-dikit karena masih kerasa nyeri banget. Dikasih tau sana sini supaya minum obat china yang konon kesohor itu dan ampuh buat nyembuhin luka caesar, tapi akunya masih ragu sama komposisi dan efek samping dari obat itu. Jadi cuma makan ikan gabus, putih telur sama minum jelly gamat Gold G. Alhamdulillah jahitan udah nggak kerasa nyeri lagi. Dua minggu dari operasi udah bisa bonceng motor lagi dan jalan ke mal🙂 Cuma emang dibatasin sama dokter jangan angkat yang berat dulu dan belum boleh olahraga yang berat. Trus untuk bekas luka udah mulai aku olesin Dermatix tiap selesai mandi, biar bekas lukanya samar, sukur-sukur malah nggak berbekas. Terakhir kontrol dokter, kondisi jahitan sudah baik dan nggak perlu kontrol lagi kecuali ada keluhan. AKHIRNYA putus hubungan dengan dokter kandungan😀 (yaaa Wallahu’alam kalo dikasih rejeki anak lagi, tapi belum mau sekarang, masih adaptasi ngurusin mas Langit..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s