Pasrah

Aku nggak tau kenapa pindah dokter ini koq adaaaa aja hal yang kurang mengenakkan yang selalu disampein sama bu dokternya ke aku. Aku sih seneng-seneng aja karena bu dokternya jujur. Aku kurang suka dokter yang hanya bilang baik-baik saja, tau-tau pas hari H baru ketauan ada hal yang nggak baik terjadi. Naudzubillah… Cuma dampaknya itu ke aku. Aku orangnya gampang down dan jujur langsung nelan mentah-mentah apa omongan dokter tanpa berusaha cari tahu solusinya

Waktu hamil 5 bulan, divonis sungsang sama dokter yang pertama. Pulang-pulang sedih sampe nggak bisa tidur, tapi akhirnya usaha untuk (maaf) nungging terus. Pindah dokter, Alhamdulillah kondisi baby N selalu baik, sehat dan nggak sungsang lagi. Pindah dokter lagi dibilang air ketuban kurang sampe berat badan baby N rendah alias nggak ada pertumbuhan yang berarti. Efeknya, nangis semaleman, ngerasa bersalah sama baby N. Dan terakhir periksa kemarin, dokter bilang baby N belum masuk panggul (setelah dilakukan pengecekan dalam, btw sakiiittt banget rasanya ya…) padahal udah mau masuk 38 minggu, air ketuban agak kurang dan agak keruh. Bu dokternya pake acara bilang kalo belum masuk panggul juga, kemungkinan bakal caesar *lemes*

Bukannya aku menolak caesar, justru aku malah salut sama ibu-ibu yang jalanin caesar. Aku itu takut sama yang namanya operasi. Masuk RS aja takut, cium aroma khas RS merinding nggak karuan, apalagi harus terbaring di meja operasi trus perut dibedah, OMG!! ngetik gini aja gemeteran. Kalo orang-orang bilang, lahiran normal itu lebih kerasa perjuangannya jadi seorang ibu, hey! kalian lupa ya kalo perempuan yang mesti jalanin caesar itu juga ngerasain perjuangan yang sama selama 9 bulan?! Sama susah payahnya, sama beratnya, hanya cara lahir anaknya saja yang beda. Karena itu aku nggak mau terlalu terbebani oleh kata-kata persalinan normal tapi nggak mau juga terlalu menggampangkan caesar. Dua-duanya sama sulitnya, sama perjuangannya, sama sakitnya. Toh yang keluar juga sama kan, adek bayi yang imut-imut. Sekali lagi, hanya metodenya saja yang berbeda. Perkara si ibu maunya caesar karena tanggal cantik ato hal centil lainnya, itu urusan dia. Tetep aja sama sakitnya

Tadinya aku nangis sampe sesenggukan membayangkan apa yang terjadi nanti. Aku takut kalo lahiran normal, nggak kuat nahan nyerinya, kalo caesar aku serem bayangin ruang operasinya. Bingung banget, padahal makin mendekati due date. Aku cuma pengen keselamatan aku dan baby N, itu saja. Jika akhirnya nanti bisa normal, Alhamdulillah, berarti usahaku untuk jalan pagi terus, banyak gerak dll, berhasil. Tapi kalo pun aku harus melewati yang namanya caesar, aku pengennya hanya karena alasan medis, bukan ada tekanan dari pihak manapun

Ya Allah, Maha Pemilik Kehidupan ini, hamba memohon takdir yang baik untukku dan anakku
Ya Allah, yang Maha Kuasa atas segalanya, berikanlah petunjukMu yang terbaik untukku dan anakku
Ya Allah, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dengarkan dan kabulkan permohonan hamba
Tidak ada hal di dunia ini terjadi di luar kehendakMu, ya Allah
Berilah hamba ketenangan dan kesabaran jika ada hal yang membuat hamba bersedih
Semoga Engkau lancarkan persalinan hamba dengan cara apapun, yang terbaik, yang terindah, agar hamba bisa segera bertemu dengan anak yang sudah hamba kandung selama 9 bulan ini
Amin….

2 thoughts on “Pasrah

  1. quinie says:

    aku juga sungsang dari usia 30minggu, cuma ya santai aja.
    sampe sekarang 35w juga masih sungsang dan belum masuk panggul dan masih santai aja, gag panik dan stress gitu.
    maksudnya, diajak ngobrol aja si baby, supaya ga nyusahin.
    kata dokter sih kalo masih sungsang ya di sesar aje.
    sesar mah cuma bentar say prosesnya, palingan setengah jam, kan dibius.
    relax aja say, jangan stress, nanti bayinya stress dan pengaruh ke air ketubannya🙂.

Leave a Reply

