Riwayat Si Soto

Mamaku punya kebiasaan bikin sambel sepanci. Panci kecil sih, tapi penuh. Biasa untuk persediaan kalo misalkan mau untuk bumbu nasi goreng, bikin ayam masak pedas, macem-macem lah. Biar awet, rajin dipanasin aja pokoknya. Nah dua hari lalu, bikinlah stok sambel. Cuma cabe yang biasa dipake itu cabe yang puedesnya minta ampun. Kalo di ibu-ibu sekitar rumah bilangnya cabe jablay. Hahahaha ada-ada aja namanya. Dan ternyata hasilnya, memang pedas, oh nggak, sangat pedas lebih jelasnya. Padahal udah dikasih bawang segabruk sampe potongan tomat. Oh ya, tomatnya pake tomat ceri yang dibawain sama suami satu kantong gede penuh. Otomatis itu sambel dikasih seuprit tetep aja pedesnya bikin huh hah huh hah. Aku yang biasanya nyantai kalo makan sambel, ini cuma berani ngambil seujung sendok makan aja

Si Mama udah bingung juga, mau diapain itu sambel. Enak sih tapi pedesnya yang gak nahan itu, sampe akhirnya ada tetangga yang kebetulan bikin acara pengajian dan nyajiin menu untuk maemnya ibu-ibu yang dateng, Soto Ayam. Kebetulan Mama ikut bantuin, jadi daripada si Ibu itu bikin sambel lagi, mending pake sambel buatan Mama. Dibagi dua lah sambel itu. Sisa setengah panci tetep untuk kami. Trus tomat ceri yang masih buanyak itu ikut diberdayakan. Sebagian dimasukkin ke kuah soto, sebagian dibelah dua untuk hiasan di piring saji. Sempet was-was takut pas makan pada kepedesan. Tapiiiii ternyata, kata Mama, ibu-ibu yang datang lebih ekstrim dibanding aku. Nggak ragu-ragu nyendokin sambelnya, beberapa sendok makan, sampe kuah sotonya mengental merah. Huwaaaaa!! Gilak tu, apa nggak pada sakit perut ya?? Yang penting Alhamdulillah, sambelnya laku, tomat cerinya juga laku. Trus pagi tadi Mama bikin soto lagi dan pas aku kasih sambel koq kurang pedes, akhirnya nambah deh jadi dua sendok makan. Apa ini ya yang namanya kebiasaan? Jadi udah nggak kerasa pedes lagi deh hihihihi

image

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s