Salah Mongso

…alias salah musim, kalo kata Mamaku. Biasanya bulan April gini kan udah masuk musim panas. Sementara cuaca malah hujan melulu. Ada sih panas terik tapi berapa menit kemudian tiba-tiba mendung, nggak lama hujan sederes-deresnya plus pake petir segala yang nyeremin. Dan itu berulang-ulang terjadi sampe hari ini. Cuaca lumayan panas tadi pagi. Mama juga sempet jemurin bantal-guling biar anget pas dipake tidur entar malem. Eh lha koq baru juga berapa jam, mendadak langit gelap. Trus ada kilat yang keliatan dari jendela ruang tamu, yang mbikin aku dan adekku terlonjak kaget. Langsung ngucap istighfar banyak-banyak sambil tutup kuping. Bener kan abis itu bunyi petir kenceng. Nggak lama ujan turun, makin lama makin deres. Kami pun masing-masing masuk kamar buat meringkuk ke dalem selimut. Aku dan adekku masih ngelanjutin ngobrol di dalem kamar, sambil ketawa ketiwi. Trus aku keluar mau buang sampah snack, ke arah dapur dan kaget ngeliat keadaan dapur yang…..

…..yang tergenang air lengkap pake air terjun yang turun dari atap. Sumpah itu air terjun ada dimana-mana. Berarti atapnya udah bolong dong. Langsung teriak manggil Mamaku, trus adek-adek pun ikut berhamburan keluar kamar. Sempat bingung sejenak, nggak tau mau ngapain. Nggak ada laki-laki pula di rumah. Papa kebetulan udah balik lagi ke Singapore dua hari yang lalu, suamiku sendiri masih kerja di lautan. Selesai bengong berjamaah, langsung buru-buru ngurusin itu air tergenang. Ada yang pegang serokan, sapu sampe kain lap. Sementara ujan masih turun deres banget, kami kerja rodi beresin dapur. Hadeeeehhh padahal kan kalo ujan gini enaknya tiduran pake selimut yaaaa. Otomatis walopun udara dingin, kami semua keringatan. Untunglah karena memang dapur dibikin ada lubang saluran air, jadi kami arahin airnya kesana. Nggak lama air pun surut. Jadi giliran ngeringinnya pake kain lap. Trus si Mama kan buangin sampah-sampah ke luar, ada tetangga yang nanya banjir apa nggak, jadi Mama bilang iya banjir di dapur, eh rupanya itu tetangga juga kebanjiran. Nggak lama semua tetangga lain pada keluar rumah (di terasnya), saling curcol kalo mereka kebanjiran semua😦 Sebenernya kalo ujan biasa nggak masalah. Tapi kalo udah pake angin kenceng gitu yang biasanya cuma merembes, lha ini koq sampe bocor mengocor. Kayaknya mesti ada acara keluar duit deh buat perbaiki atap. Nasib..nasib

Selesai beberes dapur dan dapur udah kinclong lagi, semua pada mandi trus lanjut lagi nyantai di kamar. Kalo gini kan enak. Pas momennya, buat bikin mie rebus….

image

2 thoughts on “Salah Mongso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s