Pengennya 23

Suka salut ngeliat anak muda sekarang pada berani ambil keputusan buat nikah. Padahal kadang umurnya baru 20 tahun, bahkan ada yang masih 19 tahun (apa malah ada yang 18 tahun??). Lebih kagumnya lagi, mereka yang pada nikah muda tetep bisa bertahan sampe detik ini, punya anak dan kehidupan yang matang seperti orang dewasa pada umumnya. Duluuuuu (saking udah tuanya bilang dulu-nya agak panjang) pas masih SMP, aku kepengen banget nikah muda. Walopun di garis keturunan keluarga besar nggak ada yang nikah muda, rata-rata 25 tahun ke atas baru nikah. Alasannya? Ya nggak ada *gubrakkk* hahahahaha. Gimana ya? Suka aja gitu liat orang merit trus punya anak dan pengennya aku punya anak yang umurnya nggak beda jauh gitu, yang kayak adek kakak, jadi nggak berasa tuwir deh kalo jalan sama anak. Ceritanya waktu itu pasang target sekitar umur 20 tahun lah. Kenyataannya saat itu, aku nggak pernah tahu namanya pacaran. Huwahahaha. Diajak ngobrol cowok aja keringet dingin. Cupu abis lah pokoknya. Jadi gimana mau nikah muda kalo pacar aja nggak punya

Lama-lama koq ngerasa umur 20 itu kemudaan deh. Lagian aku belum terlalu jago ngurus rumah kayak masak, nyuci dan bebersih. Dan aku juga masih kekanak-kanakan banget. Masih suka main-main gitu, kadang sama anak yang umurnya jauh di bawahku. Trus sering jadi tempat curhat (aneh ya masa curhat sama orang yang nggak pernah pacaran hihihi) temen yang lagi galau sama pacarnya. Jadi ya aku pikir semua cowok itu jahat. Padahal ya sebenernya tidak semua laki-laki yaaa *mendadakdangdut*. Ujung-ujungnya jadi parno sama yang namanya cowok sampe akhirnya ganti target ke usia 23 tahun aja deh nikahnya. Tapiiiii lagi-lagi target doang, calonnya nggak ada

Pertama kali ngerasain pacaran itu umur 18 tahun, mau deket lulus SMK. Nggak cocok dan nggak satu visi misi, akhirnya putus. Trus pacaran lagi pas udah kerja hmmm sekitar umur mau 20 tahun, putus lagi. Nggak jelas, lebih tepatnya mau dibawa kemana hubungan kami. Jiiaahh kayak lagu. Masih nggak kapok, pacaran lagi, lagi, lagi (halah banyak banget lagi-nya, sok banyak mantan😀 ). Maklum kan ngejar target umur 23 musti kudu harus wajib kawin eh nikah. Padahal Mamaku mana bolehin aku nikah terlalu muda gitu dan nggak masang target aku mesti nikah umur berapa. Sampe akhirnya, saking kencengnya doa nih, ketemu lah sama yang sekarang jadi suami pas umur mau 21 tahun. Walaupun nggak dikabulin doanya bisa nikah umur 23, tapi paling tidak dipilihin dulu suami yang super baiknya minta ampun🙂 . Penjajakan selama 4 tahun dan nikah di usia 25 tahun, aku rasa pas yaaa

Alasannya tidak lain tidak bukan adalah aku nggak dalam keadaan labil lagi. Dulu emosi aku sering nggak terkontrol, sensitif dan pesimis. Aku nyadar koq sifatku itu jelek banget. Heran koq masih ada yang mau jadi pacar ya??? Hahahahaha. Makin dewasa apalagi sering dinasehatin sama suami yang masih jadi pacar, supaya lebih bisa jaga emosi. Kalo orang yang kenal aku dari lama pasti tau perubahan aku sekarang. Lebih bisa redam emosi dan malah sekarang cenderung mendiamkan kalo ada hal yang nggak ngenakin ati, nggak kayak dulu main hajar aja. Efeknya adalah lebih santai ya hidup. Nggak dibawa stres, nggak kaku dan nggak bikin muka berkerut

Jadi kesimpulannya adalah salut banget sama anak muda yang berani ambil keputusan nikah baik-baik dan dalam keadaan bukan karena gejolak jiwa muda. Aku sendiri mungkin nggak sanggup (kalau ternyata dulu jadi) nikah muda, mengingat emosi juga finansial belum tertata rapi. Sekarang malah bersyukur banget nikah di usia yang pas, walaupun mesti lewat dua tahun dari target😀

4 thoughts on “Pengennya 23

  1. pas lah nikah umur 25. dulu kita pas nikah juga esther umur 25, gua 27. gua sih merasa pas. karena kalo pas masih lebih muda kan kita kudu explore more juga ya… hahaha

Leave a Reply

