Kok Mirip Ya??

Pertama kali aku bikin blog itu bulan Oktober 2011. Kalo ada yang nemuin rumahnandra.com itu adalah blog awal dari Rumah Nandra ini. Kenapa sampe pindah dari dot com ke wordpress? Kebetulan lebih karena budget ya. Belum ada pos khusus untuk bayar tiap ugrade. Apalagi aku orangnya pelupa. Kalo tiap mo nulis ya nulis aja, tanpa mikir masih muat nggak kapasitasnya. Jadi basically, baik rumahnandra.com dengan rumahnandra.wordpress.com itu sama. Sama-sama pencetusnya itu aku, ide tulisan dari aku, semua isi postingan itu murni pemikiran aku sampe ke foto-fotonya itu asli milik aku dan properti blog. Semua udah jelas ya kalo blog itu punya hak cipta. Dilindungi undang-undang baik isi postingan apalagi foto-fotonya. Makanya sampe foto di blog itu ditandain dengan tulisan logo blog itu sendiri untuk menghindari “pencurian” foto pribadi blog

Dan blog ini yang awalnya aku buat untuk dokumen pribadi, ibaratnya diary, tapi pada akhirnya juga aku masukkan beberapa info kayak kuliner, buku ato review film, dengan tujuan berbagi informasi buat yang baca. Namun setelah aku nemuin satu web tentang pariwisata, khususnya bahas tentang tempat makan di Batam, ada satu postingan yang berjudul Menikmati Makan Di Pondok Gurih Batam, aku sedikit terkejut. Uhm sori, bukan sedikit tapi lumayan terkejut

Aku baca baik-baik tiap kata yang ditulis di postingan itu. Aku seperti dejavu, merasa pernah membaca tulisan yang miriiiipp banget dengan paragraf disitu. Iseng aku buka deh postinganku yang berjudul Kuliner : Pondok Gurih, Batam. Aha!! Sama rupanya. Memang nggak sama persis, ada beberapa kata yang dirubah penulis postingan tersebut. Gimana mungkin aku bisa lupa sama tulisanku sendiri, walopun udah berlalu hitungan bulan. Itu ideku, hasil dari pikiranku, aku sendiri yang ngolah kata-katanya. Dan aku nulis bukan rekayasa, murni karena aku udah pernah ngalamin sendiri, bukan ngambil dari pengalaman orang laen

Bisa diliat screen capture dari postingan yang aku baca:

Trus ini dari blog aku sendiri:

Dari mulai harga makanan, sama persis. Menu makanan yang dipilih, sama persis. Deskripsi makanannya dari mulai emping, jajanan khas Pondok Gurih yang dapet 4 biji berbentuk mini kotak sampe tahu seafood yang dijelaskan adalah tahu yang diatasnya dikasih adonan seperti siomay. Semuanya sama, jika diteliti. Hanya diberi perubahan sana sini di tiap kata agar nampaknya nggak terlalu persis plek

Jujur aku kecewa banget. Apa salahnya sih ijin ke blog ini? Atau minimal ditulis sumbernya dari mana. Apalagi kalo misalkan yang nulis postingan itu orang Batam, silahkan. Kita sama-sama majukan kuliner Batam, tapi tetep dengan syarat ijin ke saya atau tuliskan sumber tulisannya atau beri link ke blog ini. Masih untung foto-foto makanannya nggak dicomotin. Apa karena terlalu gelap ya? Ya memang gitu kenyataannya. Aku makan pas malem hari, yang mana lampu di Pondok Gurih itu temaram. Motretnya juga dari hape. Makanya aku bilang, blog ini murni, ide dan pengalaman aku sekeluarga, bukan ngambil seenak jidat trus dipoles sana sini tulisannya biar keren. Enggak

Sebenernya aku nggak mau kasar ya. Tapi masa’ blog Rumah Nandra yang isinya yaaah cuma makan-makan di tempat murah, barang-barang unbranded sampe foto kualitas kamse, pun masih dicomotin juga siiihhhh *gerem. Udah mati ide ya??

Nah biar yang nyolong tulisan disini pada kapok, siapapun yang ngambil tulisan baik skala kecil apalagi skala besar, ngambil foto kualitas burem sampe yang caem, semuanya dilarang!!! Nggak ada lagi ijin-ijinan deh. Males. Dikasih ati minta jantung. Udah dikasi kebebasan bisa bertandang kesini kapanpun, lha koq sepenak’e. Kalo masih ada yang suka-suka, dosa tanggung sendiri, mau ditambahin dosa??!

Pokoknya buat pengunjung, silahkan “rumah” ini terbuka lebar, tapi khusus buat komen aja. Kalo yang mo ijin nge-link, harus liat dulu siapa dan link-nya buat apa. Jangan dibikin link yang nggak bener. Intinya sama-sama saling menghormati hasil karya masing-masing

UPDATE: Link website yang plagiat itu udah nggak bisa dibuka lagi. Nggak tau juga kenapa, komplen aku pun nggak ditanggepin sama sekali. Yasudahlah yang penting jangan ada contek mencontek lagi ke depannya…

4 thoughts on “Kok Mirip Ya??

Leave a Reply

