Review : Ummi Aminah

Malem minggu kemaren, salah satu stasiun tv swasta nayangin ulang film layar lebar. Agak malem juga jam tayangnya, tapi biarlah wong malem minggu juga. Dulu pas film ini ditayangin di bioskop, aku belum sempet nonton. Gimana ya ?! Bukan meremehkan film produksi dalam negeri. Tapi karena sering kecewa setiap selesei nonton. Judulnya apa, jalan ceritanya ngalor ngidul nggak jelas. Belum lagi lebih ngandelin soundtrack gonjrang ganjreng ato pemaen-pemaen ABG yang berwajah blasteran. Pas nonton Ummi Aminah ini, menurutku bagus banget dari mulai pemainnya sampe jalan ceritanya

Ada Nani Wijaya, Yessy Gusman, Paramitha Rusadi, Ali Zainal, Revalina .S Temat dll. Sinopsisnya ada ditulis di Wikipedia juga

Ceritanya ada seorang Ustadzah terkenal, Ummi Aminah, yang banyak banget jamaahnya. Jadwal ceramahnya padat. Ummi Aminah ini punya 2 anak dari suami pertama, Umar (punya istri namanya Risma dan anaknya Rangga) dan Aisyah (ada suaminya, tapi aku nggak tau namanya). Suami pertamanya nggak diceritain apakah udah meninggal atau bercerai, tapi menurutku kayaknya udah meninggal deh

Istri Umar, Risma, kurang suka kalo suaminya sering-sering bantu keluarga Ummi dan Abahnya (bapak tirinya). Dia takut kalo harta suaminya habis, takut dia nggak kebagian gitu. Jadi suka ngamuk-ngamuk lah sama suaminya, suka uring-uringan. Umar ini memang kaya raya, tajir melintir. Rumahnya gede, mobilnya mewah dan punya vila di Puncak. Tapi dia nggak sombong, mau bantu keluarganya yang kesusahan

Kalo Aisyah mah nggak ada masalah apa-apa

Trus Ummi Aminah ini punya suami kedua. Aku nggak tau namanya, tapi anak-anaknya manggilnya Abah. Punya anak 5 orang, Zalika (di Wikipedia ditulisnya Zarika, entah mungkin kupingku yang salah hahaha), Zainal, Zubaedah, Zidan dan Zia

Zalika (Zarika) perempuan yang udah berumur tapi belum nikah juga. Eh malah ngegodain suami orang pula. Kedudukan Zalika di kantor sudah tinggi (mungkin Direktur kali ya). Padahal si laki-laki pegawainya itu, punya istri yang lagi sakit parah (nggak tau sakit apa) trus mandul pula. Ada salah satu pegawainya yang laen yang sering ngeliat Zalika sama cowok ini berduaan, trus nyebarin gosip di twitter sampe heboh

Zainal, punya istri namanya Rini, lagi hamil dan sudah ada 1 anak namanya Rizky. Dia ini pengangguran. Nggak punya tempat tinggal sendiri, makanya numpang tinggal di rumah Ummi dan Abah. Istrinya itu kepengenannya bisa tinggal di rumah sendiri dan suaminya itu punya pekerjaan. Zainal ini bertugas jadi supir setiap Ummi pergi berceramah kemana saja, sekalian dia jualin sendal cewek untuk ibu-ibu pengajian. Malangnya, ada temen dia (pemasok sendal), ngejebak dia dengan pura-pura nitipin paket isi sendal padahal di bagian alas bawah sendalnya udah ditempelin narkoba. Jadinya ya ketangkep polisi lah dan masuk penjara

Zubaedah masih lajang. Badannya gendut dan pengangguran juga. Dia pacaran sama Joko tetangganya. Dia pengen jadi asisten Ummi tapi sepertinya masih belum bisa dipercaya, nggak tau kenapa. Ngomongnya agak cablak, tapi sebenernya hatinya baek

Zidan juga masih lajang, tapi dia ini cowok dengan kepribadian feminin. Punya salon kecantikan dengan pegawai-pegawai yang bertingkah nggak beda jauh dari Zidan. Abahnya kurang suka bahkan cenderung benci ngeliat Zidan begini

Zia, masih lajang. Asisten Ummi. Bertugas mengatur jadwal ceramah Ummi, dimana dan jam berapa. Tapi pada akhirnya “jabatan” Asisten ini diberikan ke kakaknya, Zubaedah

Cerita kompleks dan membuat goyah pertahanan Ummi Aminah. Punya 7 anak yang pastinya punya karakter beda-beda tapi tetap satu yaitu menyayangi Ummi dan Abah. Akhir ceritanya sedih banget. Nggak nyangka aku pikir jalan ceritanya biasa aja, rupanya bagus banget. Lebih lengkapnya, coba deh nonton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s