Donor Darah

Nggak sengaja kebaca status temen di fb yang bilang kalo ada acara donor darah hari Minggu tanggal 23 lalu. Yang ngadain Yayasan Budha Tzu Chi plus sekalian bazar Mooncake Festival

Ngebaca status itu langsung ‘deg’. Pengen ikutan tapi masih cemen. Mau ngajak keluarga dirumah eh lagi pada sakit flu plus demam. Iseng ngajakin temen ternyata dia mau. Ya udah janjian hari Minggu pergi bareng. Ini adalah pengalaman pertamaku donor darah

Sekitar 3 hari menjelang hari H, perasaan nggak karuan. Sambil googling nyari tau tentang syarat sampe efek dari donor tersebut. Bahkan saking takutnya sampe googling “donor darah bisa bikin mati”😆 Dan ya jelaslah mana ada referensi begitu. Donor darah itu nggak bikin mati. Donor darah itu malah meregenerasi darah menjadi baru, fresh gitu. Trus yang bikin seneng, katanya sih bisa ngilangin 650 kalori. Masa seeehhh. Bisa kuyuuus doongg😀 *senang

Oke, hari yang sebenernya nggak ditunggu akhirnya dateng juga. Nyampe mal (tempat donor darahnya di mal) itu jam 12 lewat. Yasud shalat Zuhur dulu deh. Abis itu beli roti buat isi perut trus naek ke lantai 3. Daftar, dapet nomer antrian 163. Temenku yang tadinya nggak pengen donor akhirnya (entah syaiton apa yang membujuknya😆 ) mau juga. Ngisi form trus nunggu dipanggil nomernya. Abis itu cek hemoglobin. Gilak itu sakit banget alatnya. Kadar Hb-ku 13,8. Katanya sih hampir rendah, mungkin karena nervous. Yaiyalah tangan ampe dingin. Temenku Hb-nya 15,4. Bagus, padahal temenku berharap hasilnya tidak bagus

Yaakk antrian yang bikin jantung berdrumband ria tiba juga. Telapak tangan dingin banget. Akhirnya tiba giliranku jengjerengjengjeeenggg….

kiri-kanan : nomer antrian, ramenya pendonor, cek hemoglobin

kiri-kanan : para pendonor, tegang banget, nyut-nyutan

kiri-kanan : darah mulei ngalir, mencoba tersenyum, hampir sekantong

kiri : akhirnya selesai juga!!, kanan : kartu PMI

Selesai donor, dengan senyum lega, aku melangkah keluar lokasi acara. Dikasih milo anget, air mineral trus kue-kue sama telur rebus. Oh ya, dikasih obat penambah darah juga. Dengan pedenya aku sama si temen yang seneng campur nyesel karena gagal jadi pendonor (pas dicek tensinya rendah, karena dia semakin ketakutan), menuju toilet. Pas si temen lagi di toilet, tiba-tiba pandanganku kabur. Telinga berdenging dan nggak bisa denger suara apa-apa. Kepala sakit banget. Yup benar, gejala mau pingsan !!!

Temenku yang baru keluar dari toilet langsung panik liat wajahku yang memutih pucat. Langsung buru-buru balik lagi ke lokasi donor tadi. Bak seleb, langsung dikerubungi sama petugas. Disuruh baring trus kaki ditaruh di atas bantal, lebih tinggi dari badan. Keringatku udah mengucur deras, tapi keringat dingin. Dikasih air, milo anget, dipijitin. Waduh jadi nggak enak nih. Bahkan ada yang bilang kalo masih pusing biar pulangnya dianterin pake mobil yayasan. Ah nggak enak, segan gitu masalahnya

Tips setelah donor : duduk dulu sekitar 15-20 menit, 30 menit juga boleh. Jangan langsung berdiri apalagi jalan. Pasti langsung pitam. Darahnya kan belum teregenerasi. Jangan lupa abis donor maem telur rebusnya, jangan disimpen doang kayak saya ini. Hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s