Kuliner : Mie Lendir, Batam

Jangan mikir yang nggak-nggak ya ??? Ini beneran mie lendir. Hehehehe. Jadi mie lendir ini mie kuning yang disiram pake saus kacang yang udah dimasak sampe kental seperti lendir. Ditambahkan telur rebus, toge rebus dan taburan bawang sama daun sop rajangan. Oh ya, dikasih potongan cabe rawit juga. Pokoknya nampol banget kalo dimakan buat sarapan pagi. Aku kurang tau juga makanan khas dari mana mie lendir ini, yang pasti di daerah Kepulauan Riau kayak Batam dan Tanjung Pinang banyak banget bertebaran kedai yang menjual mie lendir ini. Untuk di Batam saja, aku sudah pernah mencoba di 5 tempat. 2 lokasi di daerah Tiban, 2 lokasi di Nagoya dan 1 lokasi di Jodoh. Kalo menurut aku, yang enak itu yang ada di Jodoh dan 1 lokasi di Nagoya yaitu pas di samping hotel tempatku kerja. Yang jualan orang Jawa, baik yang di Jodoh dan Nagoya itu. Racikan bumbunya pas, apalagi yang di Nagoya, manis dan kuahnya kental. Kayaknya sih kacangnya digerus halus banget. Kalo yang di Jodoh, masih keliatan potongan kacangnya yang belum halus

Pagi itu, aku dan Ayah dateng ke kedai mie lendir yang di Jodoh. Untuk lokasinya, hmmm agak susah sih jelasinnya apalagi buat yang nggak familiar sama daerah Jodoh. Jadi gini, patokannya adalah di samping bekas terminal pembayaran retribusi angkot kayak metro trans, bimbar atau jono gitu. Jalurnya kalo dari area Nagoya, jalan ke arah Planet Holiday Hotel tapi yang di seberangnya, ngelewatin Jodoh Boulevard, nggak jauh dari situ ada belokan kiri, masuk deh. Tinggal cari terminal angkot yang tadi dijelasin di atas, nengok sebelah kiri. Tadaaaaaaa….

Copyright : Rumah Nandra

Untuk seporsi mie lendir ini harganya berkisar antara IDR 7.000 s/d 8.000. Dan biasanya makan seporsi terasa kurang, tapi kalo nambah berasa kenyang banget dan eneg. Tipsnya sih, kalo aku nih ya, pesen aja dua porsi (kalo makan berdua), trus kalo masih kurang, pesen aja lagi satu porsi saja. Trus makannya barengan deh. Dijamin pas. Minuman yang cocok jadi temennya si mie lendir ini kayak teh o atau kopi o  (sebutan teh/kopi panas di Batam), teh tarik (teh campur susu), kopi susu, pokoknya yang hangat-hangat

Jadi total biaya sarapan pagi kami berdua pagi itu adalah IDR 25.000 untuk pesenan mie lendir 2 porsi, teh o dan kopi susu. Mantap !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s