Jajanan Sekolah

Siapa sih yang nggak doyan jajanan sekolah ??! Mau jajanan di kantin atopun yang di luar gerbang. Mau yang kebungkus atopun digelar doang di alas plastik kayak gorengan, tetep aja laku. Masa pertumbuhan biasanya bikin anak sekolah lapernya tiap menit, beringas pula. Dulu aku SD nggak di Batam tapi di Tegal, Jawa Tengah. Dan yang paling berkesan ya itu jajanannya. Kantinnya top markotop walopun begitu anak-anak teteeepp aja nyolong-nyolong celah buat jajan di kantin sekolah sebelah, yang berefek pas lari-lari balik ke sekolah lagi, dapet pelototan dari bapak kantin yang merasa diremehkan dagangannya (seolah-olah kayak nggak laku gitu padahal rame juga koq)

Jajanan favorit waktu SD itu, lontong daun plus tempe mendoan. Oh ya, jangan lupa cabe rawitnya. Mantap, cuma 25 perak. Ada juga nasi ponggol. Seperti nasi kucing tapi dibungkus daun pisang. Lupa harganya berapa, belinya di kantin sekolah sebelah. Tapi rasanya gilak, bener-bener duh nggak terkatakan deh. Call me lebay, nggak papa. Karena emang beneran. Nasi anget-anget, dikasih mie goreng dikit sama tumis tempe, kadang ada ikan asinnya, pake tempe mendoan juga. Gilakkk ngetik gini jadi ngences

Trus snacknya kayak anak mas (itu lho mie kering pake bumbu, kalo lagi dateng gelo’nya, sekali makan 2 bungkus), chiki, twistko (ini ajib banget dah rasa jagung bakarnya, masih ada lho sekarang di mal tapi udah nggak mantap lagi rasanya). Trus kalo yang diluar sekolahnya itu gulali, mie lidi (yang plain ato yang pedes, enak semuanya), kue cubit (suka beli yang setengah mateng alias masih luber adonan kuenya di tengah-tengah) trus es doger yang sedotannya panjang banget ampe berulir-ulir kayak roller coaster. Kalo sama temen-temen pas naek sepeda, itu es ditaruh aja di stang, jadi sambil gowes sambil minum es :lol:

Naik tingkatan pas SMP. Udah pindah ke Batam nih critanya. Favorit di kantin itu tahu kuah. Harganya 500 rupiah dapet 2 biji. Jadi tahu isi gitu, disiram pake kuah soto. Maaaeeee enaknya. Makannya pake sambel dong. Trus ada juga mie goreng gitu dibungkus pake plastik, harganya 500 rupiah juga. Kadang kalo pas istirahat kedua, males jajan berat lagi. Jadi palingan beli buah potong kayak nanas gitu, kasih garem trus kucuran sambel ulek gula merah. Oh ya, ada juga jualan yang di luar sekolah. Ada gado-gado yang dibungkus kotak transparan, ekonomis pokoknya. Ada empek-empek, ini mantep, gede banget trus di tengah-tengahnya ada tahu, kuahnya bukan pake cuko tapi kayak sambel cair warna merah, enak banget. Trus ada ayam kfc palsu, ayam goreng tepung tapi mungil-mungil, dikasih kentang goreng dikit, saus sambelnya enakkk. Ini jadi favorit anak-anak, tapi sering dikatain guru, dibilang jangan sering makan ayam itu, masa’ ayam harganya murah gitu, katanya mungkin ayamnya dapet dari nemu di jalan. Waduh mungkin karena anak-anak lebih doyan jajan di luar ya dibanding di kantin sendiri

Pas di SMK, aku juga bukan tipe suka nongkrong di kantin. Selain karena sekolahnya masuk siang (otomatis sebelum pergi sekolah, udah makan dulu di rumah), kantin tuh rameeee bener. Udahlah tiap jurusan itu kayak perhotelan dan akuntansi itu ada masing-masing tingkat ada 3 kelas, sekretaris tiap tingkatnya ada 1 kelas. Beeehh penuh tu kantin. Apalagi anak-anak hotel yang abang kelas, kalo duduk udah bikin grup gitu, ada yang duduk di meja pula, ketawa ato ngobrol keras-keras. Jadi males deh mau ke kantin

Tapi tetep ada dong favoritnya di kantin, bakso ayam, mie ayam pake kue bawang (huff favorit banget ini !!), beli markisa juga sering, pop ice (favorit rasa durian dong). Kalo yang diluar sekolah, doyannya bakso ayam pentul-pentul (bakso ayam kecil-kecil dikasih saus beracun khas jajanan indonesia, tapi jadi idola, maemnya ditusuk pake tusuk gigi), trus sosis goreng tepung, pake saus idola itu juga

Nah dalam rangka kangen jajanan kantin, aku ngajakin temen-temen alumni SMK untuk ngumpul bareng di sekolah lama. Ya walopun nggak banyak yang ikutan, tapi tetep seru. Pertama dateng agak jiper juga. SMK-nya udah masuk pagi, jadi kebayang tumplek bek satu yayasan, TK sampe SMK. Parah ramenya. Masuk kantin lagi setelah sekian tahun berlalu, udah banyak berubah. Jajanan kantin udah beda semua. Favoritku udah lenyap, entah kemana. Ngobrol lagi bareng temen lama, mengulang cerita, ketawa bareng lagi dan ternyata temen-temenku masih ngocol orangnya. Jujur pertama lihat sekolah ini, ada rasa haru dan seperti kembali ke masa lalu. Pengen ngerasain sekolah lagi, pengen pake seragam putih abu-abu, pengen bolos rame-rame lagi bareng temen, seru-seruan tiap malming ngumpul di rumah temen buat BBQ

Waktu terasa berjalan cepat. Dulu masuk sekolah itu umur 15 tahun, ikut MOS, dipercaya jadi anggota OSIS, Alhamdulillah bisa mengharumkan almamater jurusan perhotelan, punya temen-temen yang parah-parah gelo’-nya :lol: Sekarang aku udah 25 tahun, bahkan aku sudah menikah. Kalo ngeliat sekolah itu lagi, memori itu seperti dimainkan kembali. Terkadang hal ringan seperti jajanan kantin, bisa jadi memori entah itu sedih ato seneng

One thought on “Jajanan Sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s