Paspor Online

Udah banyak postingan tentang pengurusan paspor secara online di blog-blog tetangga. Nah itu semua rata-rata yang aku baca tentang ngurus paspor di Kanim (Kantor Imigrasi) di Jakarta. Dan untuk di Batam, aku cuman nemuin satu postingan aja yang mana aku lupa alamat blognya. Btw makasih ya buat yang punya blog dan kebetulan mampir trus ngebaca postingan ini :)

Berdasarkan blog tersebut, niat aku makin kuat buat mengurus paspor di Batam secara online. Karena di blog itu udah jelas ditulis kalo Imigrasi Batam nerima registrasi paspor online dan apa-apa yang mesti dilakukan setibanya kita di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam yang mana udah banyak berubah banget suasananya terutama warung makan di belakang ruang tunggu udah nggak ada lagi

Berikut tahapan paspor online di Kanim Batam terbaru (Juli 2012). Semoga bermanfaat ya

Beli map kuning yang udah berisi formulir pengisian data, surat pernyataan bahwa data yang kita isi itu benar trus lembaran untuk isian petugas Kanim (total ada 3 lembar) dengan biaya per map IDR 10.000. Trus fotokopi semua berkas/dokumen yang wajib diserahkan ke Kanim. Tempat fotokopinya masih satu tempat dengan beli map kuning. Per lembar fotokopi IDR 500. Waktu itu berkas yang aku fotokopi : KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah Terakhir, Surat Rekomendasi dari perusahaan dan Paspor Lama untuk yang mau perpanjang

Pulang kerumah :) karena mesti scan dokumen dulu yang mau diupload. Karena dirumah nggak punya scanner, aku ke tempat scan deket rumah. Per lembar kena IDR 1.500. Aku kena biaya 2x karena kesalahan simpan dokumen yang kapasitasnya masih gede jadi gagal upload. Untung mas-mas yang bantuin baek banget dan rela aku cerewetin tentang settingan satu per satu dokumen :lol:
Jadi catatan penting nih biar nggak bolak balik scan dan keluar biaya ekstra. Setelah discan, masuk ke photoshop dan rubah dokumen dari berwarna ke GRAYSCALE. Simpan dokumen lagi (save/save as) dalam format JPG ato JPEG. Kalo kapasitasnya masih gede setelah disimpan, compress dokumen di MICROSOFT PICTURE MANAGER. Klik kanan dokumen pilih open with Microsoft Picture Manager, klik view, compress lalu pilih di kotak kanan atas, FOR WEB. Nah otomatis kapasitasnya mengecil disesuaikan dengan ukuran yang muat untuk diupload di web. Klik save/save as lagi dan selesai deh. Begitu seterusnya sampai dokumen terakhir. Pengalamanku, kapasitas yang bagus untuk diupload adalah dibawah 100KB. Cepet banget diuploadnya dan insyaAllah nggak ada error. Tapi pastikan ya kalo jaringan internet kamu juga lancar

Selanjutnya buka website imigrasi di imigrasi.go.id. Pilih LAYANAN PASPOR ONLINE lalu ikuti tahap-tahap pengisian yang udah jelas disana. Jangan sampe salah ketik ya dan semua pakai huruf besar alias kapital. Kalau semua kolom udah terisi dan upload dokumen udah sukses, pilih kanim yang dituju yaitu Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam. Kalo aku kemaren daftar online hari Rabu dan pilih hari Senin (minggu depan) untuk serahkan berkas. Selesai pilih Kanim dan Hari/Tanggal, print bukti pendaftaran yang otomatis terbuka dalam format PDF, jadi pastikan juga di komputermu/warnet ada Adobe Reader-nya ya. Di bukti pendaftaran ada nomor seri registrasi, nama lengkap, jenis kelamin dan tempat/tanggal lahir. Ada juga nama Kanim, jam dan hari kapan kita harus datang. Jangan sampe tertinggal, ada BARCODE di sebelah kanannya juga

Dateng ke Kanim Batam sesuai jadwal, nggak perlu terlalu pagi. Jam 8 sudah cukup koq. Abaikan antrian pemohon paspor manual yang udah mengular (mungkin) dari jam 7 pagi. Tugas kita cuma duduk dan bersiap-siap kalo loket sudah mulai mengeluarkan suara panggilan nomor antrian, kita menuju LOKET 3. Disini tetap antri biar kesannya rapi tapi nggak sebanyak antrian manual. Waktu aku kemaren sih sekitar 15 orang nggak nyampe. Yang aku baca di blog tetangga, katanya hari itu serahkan berkas, hari itu juga bisa langsung wawancara, foto dan sidik jari. Tapi ternyata nggak bisa dengan alasan lagi maintenance (???), aku tetep ngotot minta kedua adikku hari itu juga wawancara dll karena mereka kerja besoknya, cuma dapet cuti sehari doang. Akhirnya semua pemohon online diserahin secarik kertas buat wawancara besok KECUALI dua adikku yang bisa langsung wawancara dll HARI ITU JUGA. Alhamdulillah, ternyata harus pake adu urat leher dulu ni orang-orang, baru lancar. Wawancara baru bisa dimulai setelah jam 1 siang. Kami menemui mbak di loket 3 yang sesuai janjinya kami bisa wawancara dll hari itu tapi yang ada malah dioper ke loket pengambilan paspor eh dioper lagi ke loket 3, apa-apaan ni WTF ???! Trus ada mbak pake kerudung nggak tau siapa namanya yang bantu ngambilin nomor antrian. Trus kami disuruh bayar (giliran duit aja cepet) paspor IDR 255.000 per orang. Karena nggak dipanggil-panggil nomornya, adikku nanya ke petugas eh malah disuruh nerobos aja ke ruang wawancara. Untungnya semua kelar sekitar jam 4 sore dan itu artinya hampir 8 jam kami di imigrasi !!

Paspor bisa diambil 4 hari kerja yang artinya kami balik lagi hari Senin karena kepotong libur Sabtu-Minggu. Cuma ada sedikit kekecewaan dengan petugas imigrasi yang seharusnya ramah dalam melayani masyarakat, tapi bapak gemuk berkacamata dan berwajah sengak minta ampun di loket pengambilan paspor AMAT SANGAT TIDAK mencerminkan sikap yang santun. Masa’ adikku nanya baek-baek, “Pak, mau ambil paspor apa harus antri ato bagaimana ?”, dan jawabannya kasar, “Sini..sini”, dengan gaya nggak mood minta adikku ngasih kertas pengambilan paspor. Dan pas nyerahin paspor, pake dilempar tu paspor tetep dengan gaya sengak. Keseeelll banget

Pesan : tolong untuk pegawai Kanim Batam coba lebih sopan dan ramah. Kami hanya membuat paspor bukan meminta sumbangan. Dan kami membayar paspor itu dengan uang hasil bekerja yang halal, bukan duit korupsi. Kalo terus menerus seperti ini, mungkin lebih nyaman kalo buat paspor pake calo. Jalan mulus dan nggak pake disengak sama pegawai imigrasi

10 thoughts on “Paspor Online

  1. Terimakasih sharingnya, saya juga jadi pengen nyoba layanan permohonan paspor online tapi sayang barusan saya coba akses melalui link di http://www.imigrasi.go.id tidak bisa dibuka, entah sedang eror sementara ini, atau memang sudah tidak bisa lagi…
    Saya sangat setuju pegawai pelayanan masyarakat seharusnya bisa lebih sopan dan ramah. Sudah tidak jaman lagi pegawai menunjukkan sikap sengak hehe. Ketidaksopanan dan ketidakramahan itu seolah-olah malah menyiratkan anjuran “gunakan jasa calo biar urusan cepat dan tidak sakit hati”, atau justru itu disengaja supaya masyarakat pake jasa calo dan calo kan nyetor ke mereka?? Entahlah…

    • wah kenapa gak bisa online lagi ya?? padahal web itu bagus lo spy lebih tertib dan gak ada data yg salah… mmg masih bnyk yg harus dibenahi trutama SDM nya… tapi ya kita rakyat biasa, mana bs kasi pendapat…
      makasih ya sudah mampir :)

  2. Halo Salam buat semua ! saya juga warga Batam, barusan beberapa hari yang lalu saya ke Kanin Batam memenuhi jabwal hadir setelah registrasi online untuk paspor. upload dokumen dan sampai print out pra permohonan tidak ada masalah… akan tetapi di kantor kaninnya yang parah pelayanannya. saya rasa praktek calo memang sangat merugikan banyak pihak yang ujungnya dah mengarah ke kolusi dan korupsi. kapan PEMKO Batam mengambil tindakan tegas? karena terasa banget kesan kalau staf yang melayani di loket online itu ogah2 an, sengaja mengulur waktu (masak gue tunggu 15 menit gak ada orngnya, yg lain lagi asik sibuk, malahan staff yang akhirnya melayani saya dapat kiriman amplop tebal yng berisi permohonan2 diluar darpada tumpukan dokumen yg asli ngantri (ada bisik2 an dri yang nitip, saya rasa titipan dari Calo kali!) setelah dicocokkan dokumen yang asli ama yang fotokopi saya mendapat tanda terima, tapi disuruh besok baru datang…. saya rasa perlu ditegaskan kalau apply online itu wawancara dan foto di hari yang sama oleh Departemen Imigrasi Indonesia, kalau enga staff yang cap tanggal semena2 tuh n kayak dibuat susah biar cari calo kali… (I wil never use a Calo service!) semakin staff kanin gak profesional gue minta teman2 disini malah giat2 aja pakai yang permohonan online. biar diasah aja sopan santun mereka. kalo ada yang mendapat perlakuan kasar silakan di post n disharing aja disini. mudah2 an PEMKO Batam membaca keluhan2 qta disini.

    • makasih udah mampir jon…

      wah cukup tercengang ya baca komen km… makin kesini koq makin parah ya pelayanan imigrasi…ckckck

      iya, coba warga Batam yg mau bikin paspor via online aja, biar beradaptasi petugasnya pake sistem begituan…hehehe

      • bukan kesini aja… tp emng dari dulu.. saya pernah bertengkar dengan petugas bag sidik jari.. gara2 saya salah letak n tuh bpak marah2.. gmna sy bisa denger apa yg dia instruksiin.. lah dia asik ngember ama pegawai cewek . dipikirnya krn saya perempuan ngg berani bertengkar kali ya he he..

  3. wah aku hari kamis nanti mau urus itu paspor ke kanim batam,, kalo mau ngurus online kalo cuma bawa akta, ktp n KK doang kan???. .wah melihat postingan2, jadi ngeri, hahaha

    • kalo bisa bawa dokumen lebih lengkap sih daripada disengakin sama petugasnya gara2 ada dokumen yg belum lengkap/nggak dibawa… lebih baek kita yg siapin “amunisi” semaksimal mgkn..

      btw makasih ya udah mampir kesini :)

  4. Lokasi di padang jl raden saleh 4a padang mau buat paspor dr batam saja apa bs hanya membawa ktp KK bisa buat paspor di batam no bb pin saya 2a6eea08 dg nelly mustika kebetulan ktp dan KK saya masih alamat TNI AL siteba padang saya malas urus di padang maunya ke batam langsung buat paspor lalu ke singapore bgmn pakai surat sementara ttd kepala imigrasi hanya mau liat2 singapore my phone 081266655737 my be this right number my phone because always forget it m thank you

  5. Says Mau bertanya berapa lama proses pembuatan passport ?
    Saya mempunyai passport lama yang
    Sudah mati (expired )
    Apa shyarat2 tuk pembuatan passport baru?
    Tolong Di balas secepat Nya
    Terima kasih bayak sebelum Dan sesudah ..
    Salam
    Susi sridevi

Leave a Reply

